Awal 2015 Pembangunan Tanggul DAS Tondano Siap Dimulai

Megah proyek senilai Rp350 M yakni pembangunan tanggul di sepanjang DAS Tondano akan mulai action Januari 2015.  Hal ini dikemukakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda), Petter KB Assa usai mengikuti rapat koordinasi dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) di ruang rapat Toar Lumimuut, Kantor Walikota Manado, Rabu (26/3).


Foto dari : humasmanado.blogspot.com

Assa menjelaskan, suntikan dana sebesar Rp 350 M tersebut akan digunakan untuk pembangunan tanggul sepanjang 7,2 Km.  “Pencairannya akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama, senilai Rp 150 M,” kata Assa.  Awalnya lanjut eks Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan itu,  JICA hanya akan menurunkan dana sebesar Rp50 M untuk tahap pertama, namun melihat keseriusan pemerintah kota dalam hal ini Walikota Manado menangani proyek tersebut, sehingga JICA menaikkan jumlahnya menjadi Rp150 M.

Bukan hanya itu, sebelumnya juga pemerintah kota Manado ditutut agar pengerjaan proyek harus tuntas 2015 namun diberikan dispensasi sampai 2017.  Nah untuk saat ini, sambungnya, tugas pemerintah kota adalah melakukan pembebasan lahan atau dikenal juga dengan istilah rencana aksi. Dalam kegiatan rencana aksi tersebut, semua pihak-pihak terkait akan berperan sesuai dengan tugas yang telah ditentukan.

Dinas PU kota Manado misalnya. SKPD yang di nakodai oleh Ir. Ferry Siwi tersebut akan ambil bagian dalam urusan pembebasan lahan yang nantinya juga akan singkron dengan Dinas Tata Kota. Tujuannya dari kegiatan rencana aksi yakni memastikan kesiapan pembangunan sebelum proses pengerjaannya dimulai.

Ditambahkannya, sebelum proses pembangunan dimulai, bangunan-bangunan yan berdiri dibantaran sungai harus dibebaskan.  “15 meter dari pinggiran sungai harus bebas dari bangunan,” ujarnya.  “Akan sangat disesalkan jika proyek ini tidak terealisasi. Mengingat salah satu tujuan dari proyek ini yakni meminimalisir dampak bencana. Artinya, jika ini tidak jalan maka yang akan menjadi korban adalah warga,” imbuhnya.  Oleh sebab itu, dirinya berharap, proyek ini akan didukung oleh semua kalangan. Untuk pengerjaan tahap awal akan dimulai dari jembatan Megawati.

Sumber : http://www.okemanado.com/2014/januari-2015-proyek-pembangunan-tanggul-di-das-tondano-dimulai/
PABRIK PAGAR BRC
PABRIK PAGAR BRC Jual Pagar BRC SNI, anti karat dan tahan lama dengan berbagai ukuran dan jenis. Bersertifikasi Uji Kelayakan. Produksi Langsung. Pabrik Pagar BRC - Siap Kirim Seluruh Indonesia.

Posting Komentar untuk "Awal 2015 Pembangunan Tanggul DAS Tondano Siap Dimulai "

wa